Mengenal jenis jutsu di serial Naruto


Jutsu adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seorang shinobi. Setiap jutsu yang digunakan haruslah dialiri cakra. Biasanya setiap shinobi memiliki jutsu andalannya sendiri. Setiap jutsu memiliki kelasnya masing masing. Seperti kelas E, klasifikasi jutsu yang terendah. Biasanya digunakan oleh para murid akademi ninja untuk belajar. Dan yang tertinggi adalah kategori jutsu kelas S. Tapi bukan berarti jutsu kelas S tidak bisa dikalahkan dengan jutsu tingkatan dibawahnya, tergantung si pengguna apakah mampu menggunakannya dengan baik atau tidak.
Ada berbagai jenis jutsu yang dikuasai oleh para shinobi dan berikut adalah jenis dari jutsu tersebut :
Ninjutsu 
     Ninjutsu merupakan teknik yang dapat membuat penggunanya melakukan hal yang tidak bisa manusia biasa lakukan untuk menyerang lawannya. Biasanya pengguna akan melakukan segel tangan untuk mengeluarkan jutsunya.  Ada  cara untuk menguasai lima elemen alam, seperti air, angin, tanah, petir, dan api. Biasanya beberapa elemen cocok dengan penggunanya. Cara untuk mengetahui elemen dasar yang dimiliki seorang shinobi adalah dengan potongan kertas yang terbuat dari pohon khusus seperti yang ditunjukan oleh Kakashi. Jika shinobi itu memiliki elemen dasar api makan kertas akan terbakar, jika shinobi memiliki elemen dasar air maka kertas itu akan menjadi basah, jika shinobi memiliki elemen angin kertas akan terbelah menjadi dua, jika shinobi memiliki elemen dasar petir maka kertas akan mengerut.
     Ada juga cara untuk mendapatkan elemen jenis baru dengan menggabungkan elemen menjadi satu seperti elemen kayu yang dihasilkan dari gabungan antara elemen air dengan elemen tanah dan elemen lava yang dihasilkan dari gabungan elemen api dan elemen tanah. Shinobi dengan kemampuan tingkat atas dapat menggunakan elemen alam walaupun tidak ada unsur alam disekitarnya, contohnya adalah hokage kedua Tobirama Senju, dia mampu menggunakan jutsu elemen air walaupun disekitarnya tidak ada air sama sekali. 
Genjutsu 
     Genjutsu atau bisa disebut teknik ilusi merupakan suatu kemampuan yang bisa digunakan untuk menyerang sistem saraf lawan untuk menciptakan sebuah ilusi bagi lawan. Berbeda dengan Ninjutsu, dampak yang diberikan Genjutu tidaklah nyata. Lawan akan merasakan sesuatu yang tidak ada menjadi seakan-akan ada. Ada beberapa cara untuk menghentikan genjutsu, seperti mengacaukan aliran cakra atau melukai diri kita saat terkena dampak genjutsu tersebut. 
Taijutsu
     Taijutsu bisa dibilang juga sebagai teknik dasar dari seorang shinobi, karena Taijutsu merupakan suatu kemampuan bela diri dari para ninja. Taijutsu biasanya dipakai jika si pengguna sedang tidak memiliki cakra yang banyak atau ingin menghemat cakranya, tapi taijutsu yang digunakan akan menguras kekuatan fisik si penggunanya. 
     Pengguna taijutsu terkuat sampai saat ini adalah Maito Guy. Guy mampu menggunakan teknik delapan gerbang, yaitu teknik yang membuat si pengguna memperoleh kekuatan yang setara dengan lima kage. Tapi teknik ini bisa dikategorikan sebagai teknik terlarang karena setelah pengguna membuka gerbang yang ke delapan, si pengguna bisa saja mati.
Fuinjutsu
     Fuinjutsu adalah teknik shinobi untuk menyegel suatu objek. Objek itu bisa berupa makhluk hidup, cakra, atau yang lainnya. Media yang biasanya digunakan untuk melakukan penyegelan biasanya adalah sebuah gulungan. Klan Uzumaki adalah klan yang merupakan spesialis dibidang teknik Fuinjutsu ini dan menjadikan klan Uzumaki cukup ditakuti pada masanya. Seperti Uzumaki Mito dan Uzumaki Kushina yang mampu menyegel Kyubi di dalam tubuh mereka.  
     Ada teknik fuinjutsu yang menakutkan dan juga terlarang karena akan memakan nyawa si pengguna seperti shiki fuujin yang digunakan oleh hokage kedua untuk menyegel Orochimaru namun gagal dan hokage keempat yang menyegel setengah dari kyubi dengan mengorbankan nyawanya. 
Senjutsu
     Senjutsu adalah teknik shinobi untuk menggunakan energi alam dan menjadikannya kekuatannya. Contoh dari pengguna senjutsu adalah Naruto dan gurunya Jiraiya yang belajar dari Sennin katak yang berada di gunung Myoboku. Senjutsu juga termasuk teknik yang susah untuk dipelajari dan hanya beberapa orang saja yang mampu menggunakannya. 
     Orang yang biasanya telah melakukan Senjutsu biasanya akan masuk ke " Sage Mode " yang membuat tubuhnya sedikit mirip dengan hewan yang mengajarkannya seperti Kabuto yang tubuhnya menyerupai ular saat masuk ke dalam " Sage Mode ".
     Pengguna senjutsu akan mampu menarik energi alam disekitarnya untuk dijadikan kekuatan pengguna tersebut. Dengan begitu shinobi tidak akan cepat kehabisan cakranya. 
Kekkai Genkai
     Kekkai Genkai adalah jutsu yang diwariskan oleh suatu klan tertentu. Seperti klan Nara yang mampu menggunakan teknik bayangannya dan klan Aburame yang merupakan spesialis serangga. Terdapat banyak klan di Konoha dan hampir semuanya memiliki jutsu warisan mereka sendiri yang diturunkan ke penerusnya. Ada juga kekkai genkai seperti doujutsu, yaitu kemampuan mata yang dimiliki oleh seorang shinobi. Contohnya seperti Sharingan, Byakugan, dan Rinnegan adalah teknik mata yang cukup terkenal diantara para shinobi.
     Kekkai genkai tidak dapat disalin oleh shinobi lain karena harus merupakan keturunan asli dari suatu klan, namun kekkai genkai dapat diberikan kepada seorang shinobi seperti Kakashi yang mendapatkan doujutsu sharingan yang dia dapatkan dari temannya Obitu yang seorang Uchiha. Ada juga Yamato yang bisa menggunakan kemampuan berelemen kayu yang didapatkannya dari hasil uji coba yang dilakukan oleh Orochimaru. 

Comments